Translate your Languages

Jumat, 15 Juni 2012

7 cara merawat tangan ^^

Tangan adalah salah satu organ tubuh kita yang fungsinya banyak banget. dua tangan yang kita punya ngebantu kita dalam ngelakuin berbagai kegiatan setiap harinya.
sama halnya dengan organ tubuh lainnya, kita pake tangan setiap harinya buat ngelakuin berbagai aktivitas. karena itu tangan harus di rawat. bukan cuma bikin tangan kita bersih, tapi juga cantik :) nah 7 caranya adalah :

1. CUCI TANGAN
ritual standar ini adalah syarat wajib kalo kita pengen tangan bersih dan tubuh kita sehat. karena kadang kita lupa benda kotor apa saja yang sudah kita pegang. bahkan sesuatu yang kelihatan bersih belum tentu nggak mengandung kuman. biasain cuci tangan saat :
a. pulang dari bepergian,
b. abis megang benda kotor, ex. uang,
c. sebelum dan sesudah makan,
d. sebelum tidur.

2. BERSIHIN KUKU
kuku adalah bagian dari tangan. jadi kalo kita pengen tangan kita bersih dan cantik, kuku juga harus di rawat. karena bentuk dan struktur kuku bisa berubah, jadi ngerawat kuku bisa termasuk gampang-gampang sudah. tapi nggak usah khawatir, tips-tips ini bakal bikin kuku cantik dan bersih :
a. bersihin kotoran kuku.
kotoran kuku biasanya ada di sudut dan ujung kuku. jadi bersihin kotoran kuku dengan teliti dan detil, jangan sampe kuku jadi kotor karena kotoran yang numpuk di dalamnya.
b. rutin potong kuku.
kuku panjang emang lebih gampang didandanin, tapi kalo nggak rajin bersiinnya, mending enjoy aja dengan kuku pendek. motong kuku juga ada aturannya loh. jangan terlalu pendek dan jangan terlalu melengkung motongnya.
c. jangan digigit.
demi alasan kesehatan, kebersihan, dan keindahan, jangan biasain gigitin kuku! kasian kukunya, kasian giginya, dan kasian isi perutnya kalo sampe kemasukan kotoran yang ada di kuku.
d. bersihin dari kuteks yang menempel lebih dari 2 minggu.
bukan cuma makanan tapi juga kosmetik ada masa kadaluarsanya loh! kalo mau kuku kita tetap sehat, jangan biarin kuteks di kuku kita lebih dari 2 minggu. segera bersihin dari sisa kuteks supaya kuku kita nggak berlama-lama kena bahan kimia.
e. sikat permukaanya.
kotoran kuku bukan hanya ada di dalam kuku. tapi di permukaan kuku pun ada kotoran yang kasat mata.  itu yang bikin kuku kita keliatan kabur dan nggak bening. jadi kalo mau bersiin kuku, jangan lupa sikat permukaannya perlahan-lahan.

3. pake pelembab.
supaya tangan dan kuku kita nggak kasar, biasain pake pelembab untuk tangan, kuku, dan kulit seputar kuku. pelembab ini bakal bikin kulit tangan lebih kenyal dan kuku lebih berkilau sehat. pemakaian pelembab ini penting terutama buat tangan yang sering kena air. karena kecenderungan kulit jadi kering dan kasar lebih besar.

4. rendam air hangat.
untuk tangan yang sangta kotor, cuci tangan pake air dan sabun aja nggak cukup. rendam tangan pake air hangat sekitar 5-10 menit buat ngebasmi kuman sekaligus bikin tangan rileks.setelah itu bersihkan dari kotoran-kotoran yang ada di tangan dan kuku. ngerendam tangan pake air hangat juga bikin kuku jadi 'lemes', jadi lebih gampang di potong.

5. keringkan tangan.
biasain untuk ngeringin tangan abis di cuci. karena tangan dalam keadaan basah bikin kulit cepet kering dan kotoran lebih gampang nempel lagi. keringin tangan juga lebih baik pake tisu ato kain dari pada pake mesin pengering yang biasanya di sediain di tempat-tempat umum. karena uap panasnya bikin kulit tangan kepanasan dan pori-pori jadi besar/

6. sedia sarung tangan.
jangan takut di bilang lebay kalo kita kemana-mana pake sarung tangan. karena kita nggak tahu kapan tangan kita bakal bersentuhan dengan kotoran dan kuman di luar sana. sarung tangan terbuat dari macam-macam bahan. ada yang plastik, karet, dan kain. tapi kalo pengen simpel, pake aja yang terbuat dari plastik. selain itu bahan ini juga lebih gampang dibersiin dan ringan dibawa kemana-mana.

7. bersiin pernak-pernik tangan.
nggak bisa di pungkiri, kita pasti jarang ato sering pasti pake pernak-pernik tangan, seperti cincin, gelang, dan arloji. nah, kalo pengen tangan bersih, pernak-pernik ini juga harus rajin di bersihin. supaya tangan yang udah bersih gak berbaur lagi dengan kotoran yang ada di pernak-pernik ini.

Buruan coba ya di rumah! Selamat mencoba ^^

#Bie_Triwul

2 komentar: