Translate your Languages

Kamis, 08 Januari 2015

Tugas SMA Bahasa Indonesia tentang Esai



Deby Tri Wulandari
07 / XII IPA E
SMAN 1 Pamekasan

Selamat Ulang Tahun! Senangkah? Atau Sedihkah?

Di dalam kehidupan ini, banyak tanggal-tanggal penting yang selalu di ingat oleh manusia. Entah tanggal yang membahagiakan atau menyedihkan. Tua dan muda pasti memiliki beberapa tanggal yang tidak akan mereka lupakan. Apa lagi untuk kalangan remaja. Remaja memiliki banyak tanggal-tanggal penting yang sangat sayang jika di lewatkan begitu saja. Sebut saja di antaranya adalah tanggal ulang tahun. Entah itu tanggal ulang tahun dirinya sendiri atau pun orang lain. Tanggal ulang tahun menjadi penting karena di anggap sakral dan sarat makna, apalagi jika menyangkut tanggal lahir orang yang spesial dalam hidup mereka, seperti orangtua, saudara, sahabat, teman, bahkan pacar.
Tidak sedikit dari remaja yang justru berbahagia saat mereka berulang tahun. Ulang tahun di kalangan remaja erat hubungannya dengan sebuah perayaan ulang tahun yang sengaja di laksanakan dan ada juga yang bernama pesta kejutan (sureprice party). Biasanya perayaan ulang tahun yang sengaja di helat di lakukan oleh remaja-remaja yang orangtuanya cukup berduit. Pada saat mereka ulang tahun, mereka berlomba-lomba merayakan ulang tahun semeriah mungkin dan seheboh mungkin. Kejadian tersebut disebabkan oleh adu gengsi. Namun seiring berjalannya waktu, di balik harga-harga yang mulai melambung tinggi, perayaan ulang tahun yang sengaja di helat mulai berkurang. Selain itu disebabkan dengan semakin minimnya waktu yang dimiliki untuk menghelat sebuah perayaan ulangtahun yang persiapannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebaliknya perayaan pesta kejutan justru lebih nge-trend di kalangan remaja. Selain harga yang lebih irit, sureprice party bisa di atur sesuai dengan keinginan kita. Dan juga sureprice party pelaksanaannya lebih simple dan tidak terlalu menyita banyak waktu.
Euforia perayaan ulang tahun tidak pernah berkurang dari hari ke hari. Justru semakin hari semakin heboh. Yang awalnya ulang tahun identik dengan kado coklat atau bunga, kini berubah menjadi barang-barang yang cukup mahal, seperti baju, sepatu, bahkan perhiasan emas. Meskipun merogoh kantong yang cukup dalam, tetapi euforia ulang tahun di kalangan remaja tetap menjadi kebiasaan bahkan wajib di lakukan.
Perayaan ulang tahun sebenarnya sangat tidak perlu dan memang tidak perlu untuk di laksanakan. Di suatu sisi ulang tahun itu bertambahnya umur kita, sedangkan disisi lain ulang tahun juga sama dengan berkurangnya umur kita menuju ajal yang sudah ditentukan Tuhan. Kebanyakan remaja sudah salah memaknai hari ulang tahun itu apa, padahal jika umur kita bertambah, berarti kita semakin dekat dengan kematian yang tidak tahu kapan terjadinya dan hanya Tuhan-lah yang mengetahui. Seharusnya remaja menghiasi ulang tahunnya dengan instropeksi diri. Apakah selama ini ia telah menjadi insan yang baik atau sebaliknya. Bukan malah berpesta atau merayakan sesuatu yang seharusnya tidak di rayakan.
Tetapi di balik itu semua, ada sisi lain dari ulang tahun yang bisa di anggap positif. Perayaan ulang tahun biasanya bertujuan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada orang-orang terdekat kita. Karena tidak setiap hari kita memiliki waktu yang tepat untuk menunjukkan rasa sayang kita. Bukan bermaksud merayakan berkurangnya umur tetapi untuk mengungkapkan rasa sayang dan menunjukkan wujud perhatian kita pada orang-orang terdekat kita.
Ulang Tahun juga tidak selamanya identik dengan hura-hura dan pesta, tetapi juga bisa untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada orang-orang terdekat kita yang tidak bisa kita lakukan setiap hari. Kini dapat kita simpulkan bahwa tidak selamanya ulang tahun bersisi negatif tetapi juga memiliki sisi positif tergantung diri kita menilai dan meninjau dari sudut pandang mana. Bergantung pada pribadi masing-masing dalam menilai makna ulang tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar